DIKLAT GURU MAN SE-SUMUT DAN NAD

DIKLAT GURU MAN SE-SUMUT DAN NAD
DI MEDAN BERLANGSUNG SUKSES

MEDAN- Balai Pendidikan dan Latihan (Diklat) Departemen Agama cabang Sumatera Utara menyelenggarakan Diklat bagi 30 guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam (SUNAD). Ke-30 guru tersebut merupakan guru Bidang Studi Bahasa Indonesia yang berasal dari NAD 15 orang dan dari SUMUT 15 0rang. Acara yang dibuka pada Jumat (20-03/09) itu diketuai oleh Drs. H.M.Toha Daulay, MM. selaku Kepala Balai Diklat Medan ini mendapat sambutan yang antusias dari semua peserta.
Diklat yang berlangsung sejak 20-29 Maret 2009 ini. Para guru dibekali dengan berbagai pendidikan seperti menyusun Silabus, Rencana Pengajaran, menganalisis indikator keberhasilan belajar siswa, Standar Kompetensi, dan mengenal lebih mendetil Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP). Selain itu para guru juga diwajibkan untuk mengikuti Mata Kuliah Bidang Kurikulum, Ilmu Profesi Keguruan, dan selebihnya adalah pendalam materi Bahasa Indonesia untuk bidang kecakapan berbicara (berpidato), Menulis karangan; baik ilmiah maupun sastra, Menyimak, dan Membaca.

Selaku pemateri dalam acara itu antara lain dihadirkan Drs.M.Gade, S.Sos. sekaligus penyair Aceh penulis kumpulan puisi “Podium”, Abdul Ghofur, M.Pd. dosen Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Istarani, S.Ag. dari Aceh, dll.

Pada acara tersebut para guru juga melakukan Observasi Lapangan ke MAN Tanjung Morawa dengan menumpangi bus perhubungan dan pariwisata yang dikawal oleh aparat keamanan, karena bus tersebut mengantar pasukan berdasi, berseragam putih-hitam ke tempat tujuan.

Dalam acara penutupan Drs. H.M.Thoha Daulay, MM. mengatakan “Guru diharapkan untuk lebih kreatif dan lebih unggul serta profesional dalam mengajar dengan ilmu yang telah dibekali selama satu minggu secara semaksimal mungkin“. Setelah acara ditutup oleh Kepala Balai Diklat pada Minggu (29-03/09) seluruh peserta mendapat uang saku dan sertifikat dengan kotagori lulus dengan sangat baik dan sangat memuaskan. Dalam penutupan tersebut juga, setiap jenjang pendidikan baik MAN maupun MTsN satu orang guru mewakili untuk menyampaikan pesan dan kesan terhadap acara yang diikutinya. Demikian laporan pendidikan dari kota Medan. ( Hamdani Mulya, S.Pd. melaporkan dari Medan).

0 Response to "DIKLAT GURU MAN SE-SUMUT DAN NAD"

Post a Comment