Abuya Djamaluddin Waly Ulama Aceh yang Sastrawan

Abuya Djamaluddin Waly Ulama Aceh yang Sastrawan

Oleh Hamdani, S.Pd.

ABUYA DJAMALUDDIN WALY ULAMA ACEH YANG SASTRAWAN
Abuya Djamaluddin Waly

ABUYA DJAMALUDDIN WALY ULAMA ACEH YANG SASTRAWAN- Pada suatu hari di pertengahan bulan Juni 2013 Ketua Pengurus Masjid Besar Islamic Centre Lhokseumawe Provinsi Aceh, Tgk. H. Ramli Amin, S.Ag. memperkenalkan sebuah buku kepada saya berjudul Panduan Zikir dan Doa Bersama. Setelah saya amati dan saya baca dengan teliti ternyata buku tersebut ditulis oleh seorang ulama yang termasyhur dan saya kagumi yaitu Abuya Tgk. H. Djamaluddin Waly. Salah seorang anak ulama tersohor di negeri ini almarhum Abuya Muhammad Muda Waly dari Labuhanhaji, Aceh Selatan. Pendiri dayah (pesantren) Darussalam yang bergelar Syaikhul Islam Al-Kaamil Al-Mukammil Al-Arif Billah Abuya Muhammad Waly Al-Khalidy (1917-1961 M).

Mengenai gelar Abuya Muhammad Muda Waly ini saya dapatkan data pada lembaran bagian awal pembuka buku. Di situ tertera foto Abuya Muhammad Muda Waly beserta nama lengkap beliau dan di bawahnya tertulis nama-nama anak ulama yang akrab disapa Abuya Muda Waly yang pernah memimpin dayah Darussalam. Antara lain adalah Abuya Djamaluddin Waly penulis buku Panduan Zikir dan Doa Bersama  yang terdiri atas 6 buku atau 6 jilid ini.

Abuya Djamaluddin Waly Ulama Aceh yang Sastrawan

Mengenai julukan gelar Abuya Muda Waly juga dipaparkan oleh penulis buku pada halaman 39 buku keempat (4) dalam bentuk bahasa ragam sastra yang indah. Seperti yang tertulis dalam beberapa bait syair berjudul “Sejarah Singkat Syekh Muda Waly” berikut ini:


Rapat alim ulama di Darussalam
Pada tahun 2009 tahun Masehi
Memberi gelar Syaikhul Islam
Untuk hamba Tuhan Syekh Muda Waly

Dan terbaca pada bait berikutnya pada syair yang sama berikut :

Tahun 2007 di Masjid Raya Baiturrahman
Melalui kajian Islam tingkat tinggi
Para ulama Aceh telah menetapkan
Al-Arif Billah untuk Syekh Muda Waly

Gubernur Aceh juga menetapkan Abuya Syekh Muhammad Muda Waly sebagai tokoh pendidikan Aceh, karena jasa almarhum dalam berjuang memajukan pendidikan di Aceh ini.

Buku  yang bersampul depan warna hijau bagian atas dan kekuning-kuningan bagian bawah ini bergambar Abuya Djamaluddin Waly. Sedangkan pada sampul bagian belakangnya tampak dengan jelas gambar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Di masjid kebanggaan rakyat Aceh itulah Abuya Djamaluddin Waly sering memimpin zikir dan doa bersama yang diberi nama dengan majelis Zikir Al-Waliyyah.

Tidak banyak sejarawan, kritikus sastra, maupun pengamat sastra yang mengetahui bahwa Abuya Drs. Djamaluddin Waly sebagai Ulama Aceh yang mencintai rakyat ternyata juga piawai dalam menulis syair. Saya tidak ragu mengatakan bahwa beliau adalah seorang ulama Aceh yang sastrawan. Hal tersebut tergambar jelas dari isi buku yang ditulisnya, antara lain terdapat dalam buku yang keempat (4) yang rata-rata setiap judul materi ditulis dalam ragam bahasa sastra berbentuk syair 4 baris yang mirip pantun.

Jika provinsi Riau terkenal dengan ulama dan sastrawan Raja Ali Haji, maka Aceh memiliki sastrawan yang juga ulama hebat bernama Abuya Djamaluddin Waly. Jika rakyat Indonesia pernah kagum dengan ulama yang sastrawan seperti Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah (HAMKA), maka Abuya Djamaluddin Waly adalah HAMKA-nya orang Aceh. Seperti kita juga kagum kepada sosok ulama dan sastrawan Ali Hasjmy, karena ulama-ulama itu adalah permata bangsa dan waris para Nabi.

Abuya Djamaluddin Waly Ulama Aceh yang Sastrawan

Selain dalam syair di atas nilai sastra yang terkandung dalam buku Abuya Djamaluddin juga terdapat pada bait pertama (1) syair berjudul “Bapak Rohani” pada halaman 32 buku tersebut seperti tersusun rapi pada larik-larik berikut:

Bapak Rohani memberi bimbingan
Untuk mendapat hidayah Rabbi
Mendekatkan diri kepada Tuhan
Siang dan malam petang dan pagi

Dan juga terkandung pada bait keenam (6) syair yang sama berikut ini:

Cinta Tuhan dapat jaminan
Dimasukkan dalam syurga tinggi
Demikian hadis Nabi menjelaskan
Kepada ummat Islam pengikut Nabi

Syair tersebut merupakan ragam karya sastra yang bernuansa sufi atau tasawuf seperti yang pernah ditulis oleh seorang ulama termasyhur dan sastrawan sufi dari dunia sastra Arab bernama Rabiah al-Adawiyah yang dikutip Abuya Djamaluddin Waly pada lembaran kata mutiara halaman 60 buku keenam (6) jilid terakhir berikut ini:

“Ya Allah jika aku menyembah-Mu karena takut api neraka, bakarlah aku di neraka; Jika aku menyembah-Mu karena mengharapkan surga, jauhkan aku dari surga. Namun, jika aku menyembah-Mu karena-Mu, maka jangan Engkau jauhkan aku dari Keindahan Abadi” (Rabiah al-Adawiyah dalam Abuya Djamaluddin Waly, 2003:60).

Abuya Djamaluddin juga menulis dengan bahasa yang indah “Sejarah Darussalam Labuhanhaji” pada syair halaman 40 buku keempat (4) berikut:

Di Labuhanhaji Aceh Selatan
Ada bangunan tempat mengaji
Tempat itu dinamakan
Dengan Darussalam Labuhanhaji

Yang membangun Darussalam
Hamba Tuhan Syekh Muda Waly
Sekitar tahun empat puluhan
Menurut hitungan tahun Masehi

Supaya tidak terjadi simpang siur dan salah pengertian perlu dicatat bahwa buku Panduan Zikir dan Doa Bersama tersebut tidak semuanya berisikan syair. Tulisan yang berupa syair hanya terdapat pada halaman 30-45 buku keempat (4) seperti syair “Bapak Jasmani”, “Bapak Rohani”, “Sejarah Singkat Syekh Muda Waly”, “Sejarah Darussalam Labuhanhaji”, dan syair “Alumni Darussalam Labuhanhaji”.

Sebagian besar isi buku ini bahkan berisikan pedoman atau penuntun zikir dan doa yang bersumber dari Al-Qur’an, Hadis, Shalawat kepada Rasulullah Muhammad SAW (Cinta Rasul) dan disertai doa. Yang masing-masing lengkap dengan terjemahan menggunakan ragam sastra. Enak dibaca, meresap di hati sehingga merasakan kelezatan berzikir. Seperti yang ditulis dalam tanda kurung oleh Abuya Djamaluddin Waly pada setiap bagian bawah halaman daftar isi.

Ketika saya mengapresiasikan buku tersebut saya teringat akan suatu kenangan saat-saat bersama Abuya Djamaluddin Waly yang hanya sebentar saja saya berkenalan dengannya. Pada suatu hari tanggal 16 Maret 2013 dalam suatu Seminar Islam Internasional di Masjid Islamic Centre Lhokseumawe dan saya berikan cenderamata kepada Abuya Djamaluddin  sebuah buku yang saya tulis berjudul Wajah Aceh dalam Puisi (Hikayat Ulama Aceh).

Selain sebagai ulama dan sastrawan ternyata Abuya Djamaluddin Waly juga seorang politisi andal yang termasuk lumayan lama berkiprah di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Daerah Istimewa Aceh (1968-1987) dan menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)/Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (1987-1999) di Senayan Jakarta. Seperti yang tertulis pada data riwayat hidup Abuya Djamaluddin Waly halaman 64 buku kesatu(1).

Sebagai kenang-kenangan saya akhiri tulisan ini dengan sebuah syair indah yang ditulis oleh Abuya Djamaluddin Waly berjudul “Alumni Darussalam Labuhanhaji” berikut ini:

Ulama alumni Darussalam
Dalam hitungan banyak sekali
Hanya sebagian kami sebutkan
Untuk catatan aneuk rohani

Murid pertama Syekh Marhaban
Mengaji di Darussalam pertama kali
Gob nyan pernah mendapat jabatan
Menteri Pertanian di negeri ini

Disusul Syekh Umar adik Marhaban
Ban dua gob nyan aneuk Abu Krueng Kalee
Abu Usman Fauzi di likotnyan
Tempat tinggai gob nyan di Gampong Lueng Ie

Ulama terkenal Abu Adnan
Tinggai di Bakongan wahe ya akhi
Tgk. Hasan di Lamno Jaya
Bapak Mertua Djamaluddin Waly

Jailani Musa di Kluet Utara
Di Meulaboh kota Abdul Hamidi
Di Ujong Baroh Tgk. Abu Bakar
Di Nagan Raya Yahya ‘Umraithi

Abu Kamaruddin tinggai di Teunom
Tgk. Jafar Lailon di Labuhanhaji
Di Cot Keueng Tgk. Muhammad Ismi
Di Alue Bili Tgk. Ismail

Tgk. Muhammad Syam di Aron Tunggai
Tgk. Syam Marpali di Blang Pidie
Tgk. Bahauddin di Simpang Kanan
Tgk. Zamzami Syam di Singkili

Tgk. Basyah Kamal di Long Raya
Di Lamno Jaya Ibrahim Budi
Tgk. Daud Zamzami di Kuta Raja
Di Aceh Raya Muhammad Zamzami

Di Lam Reung Tgk. Zulkifli
Di Pulau Nasi Tgk. Adnan Haitami
Tgk. Gurah di Peukan Bada
Di Lhok Nga Tgk. Raffari

Tgk. Abdullah di Tanoh Mirah
Di Samalanga Tgk. Abdul Aziz
Tgk. Usman Basyah di kota Langsa
Aceh Tenggara Tgk. Jafar Siddiq

Tgk. Syahabuddin di kota Medan
Di Bangkinang Tgk. Aidarus Ghani
Ahmad Dimyati di Palembang
Di Padang Sidempuan Tgk. Nawawi

Haji Djamaluddin di kota Padang
Beserta ngon gob nyan Tgk. Labai Sati
Di Solok Khatib Abu Syamah
Tgk. Ismail di Padang Basi

Di Blang Bladeh Abu Tu Min
Tgk. Ahmad Sabil di Nanggroe Nisam
Tgk. Hanafi di Matang Kuli
Abah Usman di Matang Glumpang Dua

Sebagian besar Ulama di Aceh ini
Punya hubungan dengan Muda Waly
Langsung tak langsung datang mengaji
Tetap ada hubungan rohani

Hubungan rohani tetap abadi
Tidak bisa putus wahai ya akhi
Bapak rohani dengan anak rohani
Akan dipertemukan di akhirat nanti

Itulah sekilas petuah dari permata bangsa ini Abuya Djamaluddin Waly. Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat lewat amanat yang dapat dipetik dari tulisan ringkas ini.

Syair-syair yang ditulis oleh Abuya Djamaluddin Waly ternyata hampir mirip dengan puisi yang pernah saya tulis jika ditinjau dari segi tema dan amanat. Puisi yang dimaksud antara lain adalah “Pang Husen Pahlawan dari Tanah Aceh”, "Teungku Abdul Jalil Samakurok", dan "Sultan Malikussaleh" yang terkumpul dalam buku Wajah Aceh dalam Puisi sebagai berikut :

Pang Husen Pahlawan
    dari Tanah Aceh

  oleh Hamdani, S.Pd.

Pang Husen pahlawan sejati
Dari tanah Aceh negeri ini
Pang Husen namamu wangi
Semerbak harum bunga melati

Pang Husen pahlawan bangsa
Telah berjasa buat negara
Membela Aceh tanah Iskandar Muda
Usir Belanda, gagah berperang

Pang Husen namamu harum
Laksana sekuntum bunga mekar di taman
Doa anak cucumu siang dan malam
Buat Pang Husen pahlawan Islam

Ya Allah
Yang Maha Pengasih
Lagi Maha Penyayang
Pahlawan sejati berilah surga
Tempatkanlah arwah Pang Husen
Di tempat mulia, indah dan terang
Bidadari sebagai kawan
Amin ya Allah

Aceh Utara, 7 Juli 2012


Teungku Abdul Jalil Samakurok 

     oleh Hamdani, S.Pd.

Teungku Abdul Jalil bin Hamzah
Ulama megah di Meurah Mulia
Ulama Aceh yang termasyhur
Tempat menuntut ilmu agama

Teungku Abdul Jalil di Samakurok
Ajari umat Muhammad mengenal Allah
Teungku Abdul Jalil di Samakurok
Lembut hatinya, baik budinya

Teungku Abdul Jalil bin  Hamzah
Penyejuk gerah ilmu agama
Islam sangat di jujung tinggi
Malam dan hari mengajar mengaji

Ulama itu warisnya Nabi
Cintailah Ulama setulus hati
Dekat selalu untuk mengaji
Belajar Al-Qur'an dan Hadis nabi

Aceh Utara, 7 Juli 2012



Sultan Malikussaleh

oleh Hamdani, S.Pd.

Sultan Malikussaleh raja yang adil
Mencintai rakyat, disayang rakyat
Dengan ulama selalu mendekat
untuk bekal ilmu dunia akhirat

Sultan Malikussaleh raja yang luhur
Berbudi baik perangai santun
di negeri pasai sangat termasyhur
di negeri kaya rakyat yang makmur

Sultan Malikussaleh raja yang shalih
Taat ibadah kuat imannya 
Islam jaya di negeri pasai
Islam di sambut di junjung tinggi

Sultan Malikussaleh penyebar Islam
Sampai terpancar ke pulau Jawa
Maulana Malik Ibrahim yang meneruskan
Hingga berkawan dengan Wali Songo

Aceh Utara, 7 Juli 2012


 
Riwayat Penulis:
Hamdani, S.Pd. adalah Guru MAN Lhokseumawe dan penulis buku Wajah Aceh dalam Puisi (Hikayat Ulama Aceh). Alumni Dayah Nahrul Ulum Diniyah Islamiyah (NUDI), Kec. Meurah Mulia, Kab. Aceh Utara.

Aceh Utara, 15 Juni 2013

0 Response to "Abuya Djamaluddin Waly Ulama Aceh yang Sastrawan"

Posting Komentar