Biografi Singkat Abu Paloh Gadeng

BIOGRAFI SINGKAT DAN WASIAT ABU PALOH GADENG JELANG WAFAT

Penulis: Deni Yusman  (Wartawan RRI Lhokseumawe) dan Hamdani Mulya (Guru SMAN 1 Lhokseumawe)  

KBRN, Aceh Utara: Hari Selasa, 22 Desember 2020 tepat hari ke tujuh wafatnya  Tgk. H. Mustafa bin H. Ahmad (Abu Paloh Gadeng) ulama kharismatik Aceh dari Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

Foto : Tgk. H. Mustafa Ahmad (Abu Paloh Gadeng) 

        Abu Paloh Gadeng adalah seorang ulama kharismatik yang sangat lembut dalam berdakwah. Namun tegas dalam melawan arus pengaruh budaya asing. Seorang ulama tempat berlabuhnya hati rakyat tempat meminta nasehat dan petuah-petuah. Beliau pernah menjabat Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Kab. Aceh Utara. Ulama ahli tauhid dan fikih. Sosok yang dikagumi oleh rakyat dan muridnya. Ulama yang termasyhur di seluruh penjuru Aceh.

Dalam perjalanan semasa hidupnya, Almarhum (Alm) Tgk H. Mustafa H.Ahmad (Abu Paloh Gadeng) Mendirikan Dayah (Pesantren) Madituddiniah Darul Huda pada Tahun 1987 saat usia beliau 39 Tahun.

                         Foto : Abu Paloh Gadeng menggendong putranya saat beliau masih muda

Sebelum itu, Alm Abu Paloh Gadeng  menjadi santri atau mondok di Dayah Madinatuddiniah Babussalam Blang Bladeh Kabupaten Bireuen, Pimpinan Abu Tumin  selama 22 Tahun.

Abu Mustafa Ahmad diminta oleh Tokoh Masyarakat Paloh Gadeng, salah satunya alm Tgk H. Ramli Yusuf ( H.Ramli Sp.4) semasa Keuchik Yusuf Syam. Permintaan disampaikan kepada Abu Tumin tersebut dikabulkan dengan memberikan beberapa pilihan Teungku dan yang dipilih adalah Abu Mustafa Ahmad ketika itu.

Selanjutnya menetaplah Abu di Paloh Gadeng pada Tahun 1987 yang waktu itu beliau masih belum berkeluarga. Disana pula Abu mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Ummi Hj. Safiatuddin Abdul Wahab dan dikarunia 8 putra dan putri. Masing - Masing Tgk H. Zunuwanis (31) tahun, Ummi Rahmah (30) tahun, Marhamah (28) tahun, Tgk Muhammad Nazir (27) tahun, Tgk Baidarus (24) tahun, Ummi Wardah (21) tahun, Tgk Ihsan Maulana (17) tahun, dan Maisarah (16) tahun.

Pesan - pesan Abu Menjelang Wafatnya:

"Wahai Anak Ku semua, bèek Pakèe Pakee beugot goet sabe (wahai anakku jangan bermusuhan, baik-baik selalu).

"Beut dan semeubeut beusunggoh - sunggoh (mengaji dan mengajar ngaji dengan sungguh - sungguh)"

"Qadhakan Shalat ayah selama tertinggal di waktu sakit ayah"

"Maqamkan Aku diantara rumah kakak dan marhamah"

(Sumber: Tgk H. Zunuwanis putra sulung Abu Paloh Gadeng dan Marzuki H. Ahmad Cut)


0 Response to "Biografi Singkat Abu Paloh Gadeng"

Posting Komentar