Contoh Berita Acara Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

 

BERITA ACARA SEMINAR HASIL PENELITIAN


 

 

 

BERITA ACARA PELAKSANAAN SEMINAR

 LAPORAN HASIL PENELITIAN

 

 

 

Pada Hari Ini               : Sabtu

Tanggal                       : 9 Desember 2017

Pukul                           : 16.00 – 17.30

Bertempat di Ruang    : Ruang IT MAN Lhokseumawe

Pada Sekolah              : MAN Lhokseumawe


Telah diselenggarakan acara Seminar Hasil Penelitian:

 

Dengan  Judul :

 

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018

 

Hasil Karya                 : Hamdani S. Pd

Nip                              : 19790510 200604 1 004

Jabatan                        : Guru MAN Lhokseumawe

Pangkat/Golongan      : Penata Tk. I / III.d

 

 

Pada Acara Seminar Tersebut:

Sebagai Penyaji           : Hamdani S. Pd

Sebagai Moderator      : Fathimah S. Pd

Sebagai Notulen          : Dra. Nurasma

 

Susunan Acara Seminar

a)      Pembukaan

b)      Sambutan Kepala Sekolah

c)      Pemaparan Singkat Laporan Hasil Penelititian Oleh Penyaji

d)     Tanggapan, pertanyaan, kritik/saran, masukan dari peserta seminar dan tanggapan dari penyaji

e)      Penutup

Jumlah Peserta yang hadir      :   28    Orang ( Daftar Hadir Terlampir)

Adapun Notulan Jalannya Seminar, Print Out Bahan tayang Paparan Penyajian serta Foto Kegiatan Seminar Sebagaimana terlampir dalam berita acara ini.

 

Demikian Berita Acara ini dibuat sebenarnya, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

           

                                                                        Lhokseumawe,

Mengetahui,

Kepala Madrasah                                            Ketua Panitia Seminar

 

 

Abdul  Razak, S. Ag                                     Cut Isranur. S. Pd

Nip. 19670205 200701 1 053                         Nip. 19661115 199905 2 001

 

 

 


Lampiran 1: Daftar Hadir Acara Pelaksanaan Seminar Laporan Hasil Penelitian

 

Dengan  Judul :

 

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018

 

Hasil Karya                 : Hamdani, S. Pd

Nip                              : 19790510 200604 1 004

Jabatan                         : Guru MAN Lhokseumawe

Pangkat/Golongan      : Penata Tk. I / III.d

Pada Hari/Tanggal      : Sabtu/ 9 Desember 2017

Pukul                           : 16.00 – 17.30

Bertempat di Ruang    : Ruang IT MAN Lhokseumawe

Pada Sekolah              : MAN Lhokseumawe

Peserta yang Hadir Sbb

 

No

Nama Peserta

Asal Sekolah

Tanda Tangan

 

1

 

Siscori Sriningsih Mulyati, ST

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

2

 

Wanti Deli, S.Ag

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

3

 

Bakat Rahyatin, S.Pd

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

4

 

Yusrina, S.Pd

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

5

 

Dra. Nurasma

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

6

 

Habibah, S.Ag

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

7

 

Cut Asmizar, S.Pd

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

8

 

Fitriana, S.Ag

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

9

 

Muzakir, S.Ag

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

No

Nama Peserta

Asal Sekolah

Tanda Tangan

 

10

 

Syamsiah, S.Pd

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

11

 

Agussalem S.Pd

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

12

 

Masriani, S.Pd

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

13

 

Fathimah, S.Pd

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

14

 

Fadhilah, S.Pd

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

15

 

Maizatul Akmal, S.Pd

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

16

 

Marlina, S.Pd.I

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

17

 

Sumarni, S.Pd.I

 

MAN Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

18

 

Iklina, S.Pd

 

SMAN 3 Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

19

 

 

Rohana, S.Pd

 

SMAN 1 Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

20

 

 

Ansari, S.Pd

 

SMAN 1 Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

21

 

 

Dra. Arnita, MA

 

SMAN 1 Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

22

 

 

Mukhlis, S. Pd, M.Pd

 

SMAN 1 Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

23

 

 

T. Isman Surdi, S.Pd

 

SMAN 1 Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

24

 

 

Dra. Nurbaidah

 

SMAN 1 Lhokseumawe

 

………………………..

 


No

Nama Peserta

Asal Sekolah

Tanda Tangan

 

25

 

Linda Andayani, S.Pd

 

SMK Negeri 2  Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

26

 

Isna Khairiah, S.Pd

 

SMK Negeri 2  Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

27

 

Dahniar, S.Pd

 

SMK Negeri 2  Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

28

 

Fadir, S.Pd

 

SMK Negeri 2  Lhokseumawe

 

………………………..

 

 

  

 

Ketua Panitia Seminar                                             Notulen

 

 

Cut Isranur, S. Pd                                                     Dra. Nurasma

Nip. 19661115 199905 2 001                                     Nip.19601231 198903 2 008

 

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

  

 

Abdul Razak, S. Ag

             Nip. 19670205 200701 1 053

 

 

 

 

 

 

 

 

 Lampiran 2: Notulen Jalannya Acara Seminar Laporan Hasil Penelitian

 

Dengan  Judul :     Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA 4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018

 

 

Hasil Karya                 : Hamdani, S. Pd

Nip                              : 19790510 200604 1 004

Jabatan                         : Guru MAN Lhokseumawe

Pangkat/Golongan      : Penata Tk. I / III.d

Pada Hari/Tanggal      : Sabtu/ 9 Desember 2017

Pukul                           : 16.00 – 17.30

Bertempat di Ruang    : Ruang IT MAN Lhokseumawe

Pada Sekolah              : MAN Lhokseumawe

 

Jalannya Acara Seminar.

1.      Pembukaan Oleh Moderator dengan Membaca Basmallah/doa

2.      Sambutan Kepala Sekolah

3.      Paparan Singkat hasil Penelitian oleh penyaji (Bahan Terlampir)

4.      Tanggapan, pertanyaan, kritk/saran, masukan dari peserta seminar dan tanggapan dari penyaji

 

Adapun Pertanyaan, kritik/saran masukan dari peserta seminar terhadap laporan hasil penelitain dari peserta seminar dan tanggapan dari penyaji adalah sebagai berikut:

 

No

Nama

Asal Sekolah

Isi Pertanyaan. Kritik/saran dan/atau masukan

Tanggapan Penyaji

1

Isna Khairiah S. Pd

SMK N  2 Lhokseumawe

Apakah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini

yang terjadi pada siswa saat ini adalah kurangnya minat untuk prosedur kompleks sudah menjadi masalah serius yang harus dipecahkan. Karena dalam pembelajaran prosedur kompleks siswa sering malas dan cepat bosan ketika pembelajaran berlangsung. Dengan demikian pembinaan keterampilan dan kemampuan siswa hanya diprioritaskan pada materi yang lebih bernuansa sastra seperti puisi dan cerpen pada pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Jadi, pandangan tersebut mengimbas terhadap siswa dalam belajar yang cenderung menyepelekan pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan bidang prosedur kompleks. Padahal walaupun siswa bukan ilmuan seharusnya memiliki inisiatif tersendiri, bagaimana supaya siswa senang dengan pembelajaran materi prosedur kompleks, karena prosedur kompleks merupakan salah satu usaha dan tugas siswa sebagai calon ilmuan di masa yang akan datang


 

2

Agus Salem S. Pd

MAN Lhokseumawe

Siapa yang menjadi sampel dalam penelitian anda

Subjek penelitian adalah sesuatu: baik orang, benda ataupun lembaga (organisasi), yang sifat keadaannya (atributnya) akan diteliti atau sumber di mana kita akan memperoleh data (Arikunto, 2006:25). Dengan demikian yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas X MIA4 MAN Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2017-2018. Jumlah siswa kelas XI MIA4 MAN Lhokseumawe hanya 29 siswa sedangkan jumlah seluruh siswa dari kelas X-XII sebanyak 522 siswa.

 

 

 

3

Masriani S. Pd

MAN Lhokseumawe

Bagaimanakah peningkatan penelitian baik dari tindakan I maupun ke II

Berdasarkan hasil wawancara pada siklus II terhadap 5 siswa memberikan masukan-masukan yaitu 3 siswa yang mendapat nilai “sangat baik” memberikan tanggapan tentang model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

4

Mukhlis S. Pd, M.Pd

SMA Negeri 1 Lhokseumawe

Bagaimana hasil penelitian yang telah anda lakukan ini

Berdasarkan rumusan masalah serta paparan data dan hasil penelitian pada bab IV bahwa kemampuan siswa memahami materi prosedur kompleks dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai berikut.

  1. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, karena model pembelajaran ini menuntut siswa untuk saling berdiskusi dalam setiap kelompok.
  2. Kegiatan belajar mengajar dengan model kooperatif tipe jigsaw sangat kondusif dengan penguasaan materi yang sesuai dengan pembelajaran. Siswa lebih banyak terlibat dan aktif dalam proses belar mengajar berlangsung. Model pembelajaran lebih bervariasi dan tidak monoton.
  3. Pembelajaran pada siklus I dan siklus II siswa lebih aktif terlibat sepenuhnya baik fisik maupun mental dibandingkan dengan kondisi awal sebelum model pembelajaran ini diterapkan.


1.      Penutup Oleh Moderator, dengan membaca Hamdallah/Doa

 

 

   Ketua Panitia Seminar                                          Notulen

 

 

                  Cut Isranur. S. Pd                                             Dra. Nurasma

           Nip. 19661115 199905 2 001                          Nip. 19601231 198903 2 008

 

Mengetahui,

Kepala Madrasah

 

 

Abdul Razak, S. Ag

Nip. 19670205 200701 1 053

 



Lampiran 3: Dokumentasi Foto Pada Acara Seminar Laporan Hasil Penelitian

 

Dengan  Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018.

 

 

Hasil Karya                 : Hamdani S. Pd

Nip                              : 19790510 200604 1 004

Jabatan                         : Guru MAN Lhokseumawe

Pangkat/Golongan      : Penata Tk. I / III.d

Pada Hari/Tanggal      : Sabtu/ 9 Desember 2017

Pukul                           : 16.00 – 17.30

Bertempat di Ruang    : Ruang IT MAN Lhokseumawe

Pada Sekolah              : MAN Lhokseumawe


 

Description: D:\BANK DATA 2015\FOTO YS\DCIM\Camera\20151214_132403.jpg

 

Description: D:\BANK DATA 2015\FOTO YS\DCIM\Camera\20151214_132553.jpg


Description: D:\BANK DATA 2015\FOTO YS\DCIM\Camera\20151214_132659.jpg



Lampiran 4: Bahan Tayangan Paparan Penyajian Pada Acara Seminar Laporan Hasil Penelitian

 

Dengan  Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018.

 

Hasil Karya                 : Hamdani S. Pd

Nip                              : 19790510 200604 1 004

Jabatan                         : Guru MAN Lhokseumawe

Pangkat/Golongan      : Penata Tk. I / III.d

Pada Hari/Tanggal      : Sabtu/ 9 Desember 2017

Pukul                           : 16.00 – 17.30

Bertempat di Ruang    : Ruang IT MAN Lhokseumawe

Pada Sekolah              : MAN Lhokseumawe

 

 

 

 

 

 

 

 

 Keterangan:

Bahan tayang seminar merupakan ringkasan dari PTK yang diseminarkan.


 

SURAT PERNYATAAN BAHWA LAPORAN HASIL

PENELITIAN ADALAH HASIL KARYA SENDIRI

 

Yang bertanda tangan di bawah ini saya

 

Nama                           : Hamdani, S.Pd

Jenis Kelamin              : Laki-laki

NIP                             : 197905102006041004

Jabatan                         : Guru Bahasa Indonesia

Pangkat/Golongan      : Penata Tk 1/ III d

Tempat Tugas              : MAN Lhokseumawe

Alamat                        : Desa Sumbok Rayeuk, Kec. Nibong, Kab. Aceh Utara

Email                           : tengkuhamdani@yahoo.com

 

Menyatakan bahwa Laporan Hasil Penelitian dengan judul:

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018.

Adalah benar-benar asli karya sendiri.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan apabila ternyata pernyataan saya ini tidak benar, maka saya bersedia untuk diproses dan menerima sanksi sesuai dengan hukum atau peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

 

 

 

 

 

 

Lhokseumawe, 17 Desember 2017

Peneliti

 

 

Hamdani, S.Pd

NIP. 197905102006041004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 


0 Response to "Contoh Berita Acara Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"

Posting Komentar