BERITA ACARA SEMINAR
HASIL PENELITIAN
BERITA
ACARA PELAKSANAAN SEMINAR
LAPORAN HASIL PENELITIAN
Pada Hari Ini : Sabtu
Tanggal : 9 Desember 2017
Pukul :
16.00 – 17.30
Bertempat di Ruang : Ruang IT MAN Lhokseumawe
Pada Sekolah : MAN Lhokseumawe
Telah diselenggarakan acara Seminar
Hasil Penelitian:
Dengan Judul :
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018
Hasil Karya : Hamdani S. Pd
Nip :
19790510 200604 1 004
Jabatan :
Guru MAN Lhokseumawe
Pangkat/Golongan : Penata Tk. I / III.d
Pada Acara Seminar Tersebut:
Sebagai Penyaji : Hamdani S. Pd
Sebagai Moderator : Fathimah S. Pd
Sebagai Notulen : Dra. Nurasma
Susunan Acara Seminar
a)
Pembukaan
b)
Sambutan Kepala Sekolah
c)
Pemaparan Singkat Laporan Hasil
Penelititian Oleh Penyaji
d)
Tanggapan, pertanyaan, kritik/saran,
masukan dari peserta seminar dan tanggapan dari penyaji
e) Penutup
Jumlah Peserta yang hadir : 28 Orang ( Daftar Hadir Terlampir)
Adapun Notulan Jalannya Seminar, Print
Out Bahan tayang Paparan Penyajian serta Foto Kegiatan Seminar Sebagaimana
terlampir dalam berita acara ini.
Demikian Berita Acara ini dibuat
sebenarnya, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Lhokseumawe,
Mengetahui,
Kepala Madrasah Ketua Panitia Seminar
Abdul Razak, S. Ag Cut
Isranur. S. Pd
Nip. 19670205 200701 1
053 Nip. 19661115
199905 2 001
Lampiran 1:
Daftar Hadir Acara Pelaksanaan Seminar Laporan Hasil Penelitian
Dengan Judul :
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018
Hasil Karya : Hamdani, S. Pd
Nip :
19790510 200604 1 004
Jabatan :
Guru MAN Lhokseumawe
Pangkat/Golongan : Penata Tk. I / III.d
Pada Hari/Tanggal : Sabtu/ 9 Desember 2017
Pukul :
16.00 – 17.30
Bertempat di Ruang : Ruang IT MAN Lhokseumawe
Pada Sekolah : MAN Lhokseumawe
Peserta yang Hadir Sbb
No |
Nama Peserta |
Asal Sekolah |
Tanda Tangan |
1 |
Siscori Sriningsih Mulyati, ST |
MAN
Lhokseumawe |
……………………….. |
2 |
Wanti Deli, S.Ag |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
3 |
Bakat Rahyatin, S.Pd |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
4 |
Yusrina, S.Pd |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
5 |
Dra. Nurasma |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
6 |
Habibah, S.Ag |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
7 |
Cut Asmizar, S.Pd |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
8 |
Fitriana, S.Ag |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
9 |
Muzakir, S.Ag |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
No |
Nama Peserta |
Asal Sekolah |
Tanda Tangan |
10 |
Syamsiah, S.Pd |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
11 |
Agussalem S.Pd |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
12 |
Masriani, S.Pd |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
13 |
Fathimah, S.Pd |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
14 |
Fadhilah, S.Pd |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
15 |
Maizatul Akmal, S.Pd |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
16 |
Marlina, S.Pd.I |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
17 |
Sumarni, S.Pd.I |
MAN Lhokseumawe |
……………………….. |
18 |
Iklina, S.Pd |
SMAN 3 Lhokseumawe |
……………………….. |
19 |
Rohana, S.Pd |
SMAN 1 Lhokseumawe |
……………………….. |
20 |
Ansari, S.Pd |
SMAN 1 Lhokseumawe |
……………………….. |
21 |
Dra. Arnita, MA |
SMAN 1 Lhokseumawe |
……………………….. |
22 |
Mukhlis, S. Pd, M.Pd |
SMAN 1 Lhokseumawe |
……………………….. |
23 |
T. Isman Surdi, S.Pd |
SMAN 1 Lhokseumawe |
……………………….. |
24 |
Dra. Nurbaidah |
SMAN 1 Lhokseumawe |
……………………….. |
No |
Nama Peserta |
Asal Sekolah |
Tanda Tangan |
25 |
Linda Andayani, S.Pd |
SMK Negeri 2 Lhokseumawe |
……………………….. |
26 |
Isna Khairiah, S.Pd |
SMK Negeri 2 Lhokseumawe |
……………………….. |
27 |
Dahniar, S.Pd |
SMK Negeri 2 Lhokseumawe |
……………………….. |
28 |
Fadir, S.Pd |
SMK Negeri 2 Lhokseumawe |
……………………….. |
Ketua
Panitia Seminar Notulen
Cut
Isranur, S. Pd Dra.
Nurasma
Nip. 19661115
199905 2 001 Nip.19601231 198903 2 008
Mengetahui,
Kepala
Madrasah
Abdul
Razak, S. Ag
Nip. 19670205 200701 1 053
Dengan Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA 4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018
Hasil Karya : Hamdani, S. Pd
Nip :
19790510 200604 1 004
Jabatan :
Guru MAN Lhokseumawe
Pangkat/Golongan : Penata Tk. I / III.d
Pada Hari/Tanggal : Sabtu/ 9 Desember 2017
Pukul :
16.00 – 17.30
Bertempat di Ruang : Ruang IT MAN Lhokseumawe
Pada Sekolah : MAN Lhokseumawe
Jalannya Acara Seminar.
1.
Pembukaan Oleh Moderator dengan Membaca
Basmallah/doa
2.
Sambutan Kepala Sekolah
3.
Paparan Singkat hasil Penelitian oleh
penyaji (Bahan Terlampir)
4.
Tanggapan, pertanyaan, kritk/saran,
masukan dari peserta seminar dan tanggapan dari penyaji
Adapun Pertanyaan, kritik/saran masukan
dari peserta seminar terhadap laporan hasil penelitain dari peserta seminar dan
tanggapan dari penyaji adalah sebagai berikut:
No |
Nama |
Asal Sekolah |
Isi Pertanyaan. Kritik/saran dan/atau
masukan |
Tanggapan Penyaji |
1 |
Isna Khairiah S. Pd |
SMK N
2 Lhokseumawe |
Apakah
yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini |
yang
terjadi pada siswa saat ini adalah kurangnya minat untuk prosedur kompleks sudah menjadi masalah serius yang
harus dipecahkan. Karena dalam pembelajaran prosedur
kompleks
siswa sering malas dan cepat bosan ketika pembelajaran berlangsung. Dengan
demikian pembinaan keterampilan dan kemampuan siswa hanya diprioritaskan pada
materi yang lebih bernuansa sastra seperti puisi dan cerpen pada pembelajaran
mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Jadi, pandangan tersebut
mengimbas terhadap siswa dalam belajar yang cenderung menyepelekan pelajaran-pelajaran
yang berkaitan dengan bidang prosedur kompleks.
Padahal walaupun siswa bukan ilmuan seharusnya memiliki inisiatif tersendiri,
bagaimana supaya siswa senang dengan pembelajaran materi prosedur kompleks, karena prosedur kompleks merupakan salah satu usaha dan tugas
siswa sebagai calon ilmuan di masa yang akan datang |
2 |
Agus Salem S. Pd |
MAN Lhokseumawe |
Siapa
yang menjadi sampel dalam penelitian anda |
Subjek penelitian adalah sesuatu: baik orang, benda ataupun lembaga
(organisasi), yang sifat keadaannya (atributnya) akan diteliti atau sumber di
mana kita akan memperoleh data (Arikunto, 2006:25). Dengan demikian yang
menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas X MIA4 MAN Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2017-2018. Jumlah siswa kelas XI MIA4 MAN Lhokseumawe hanya 29
siswa sedangkan jumlah seluruh siswa dari kelas X-XII sebanyak 522
siswa.
|
3 |
Masriani S. Pd |
MAN Lhokseumawe |
Bagaimanakah peningkatan penelitian
baik dari tindakan I maupun ke II |
Berdasarkan
hasil wawancara pada siklus II terhadap 5
siswa memberikan masukan-masukan yaitu 3
siswa yang mendapat nilai “sangat baik” memberikan tanggapan tentang model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw |
4 |
Mukhlis S. Pd, M.Pd |
SMA
Negeri 1 Lhokseumawe |
Bagaimana
hasil penelitian yang telah anda lakukan ini |
Berdasarkan
rumusan masalah serta paparan data dan hasil penelitian pada bab IV bahwa
kemampuan siswa memahami materi prosedur kompleks
dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai berikut.
|
1.
Penutup Oleh Moderator, dengan membaca
Hamdallah/Doa
Ketua Panitia Seminar Notulen
Cut Isranur. S. Pd Dra.
Nurasma
Nip. 19661115 199905 2 001 Nip. 19601231 198903 2
008
Mengetahui,
Kepala
Madrasah
Abdul
Razak, S. Ag
Nip.
19670205 200701 1 053
Lampiran 3: Dokumentasi
Foto Pada Acara Seminar Laporan Hasil Penelitian
Dengan Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada
Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018.
Hasil Karya : Hamdani S. Pd
Nip :
19790510 200604 1 004
Jabatan :
Guru MAN Lhokseumawe
Pangkat/Golongan : Penata Tk. I / III.d
Pada Hari/Tanggal : Sabtu/ 9 Desember 2017
Pukul :
16.00 – 17.30
Bertempat di Ruang : Ruang IT MAN Lhokseumawe
Pada Sekolah : MAN Lhokseumawe
Lampiran 4:
Bahan Tayangan Paparan Penyajian Pada Acara Seminar Laporan Hasil Penelitian
Dengan Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada
Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018.
Hasil Karya : Hamdani S. Pd
Nip :
19790510 200604 1 004
Jabatan :
Guru MAN Lhokseumawe
Pangkat/Golongan : Penata Tk. I / III.d
Pada Hari/Tanggal : Sabtu/ 9 Desember 2017
Pukul :
16.00 – 17.30
Bertempat di Ruang : Ruang IT MAN Lhokseumawe
Pada Sekolah : MAN Lhokseumawe
Bahan tayang seminar merupakan ringkasan dari PTK yang diseminarkan.
SURAT PERNYATAAN
BAHWA LAPORAN HASIL
PENELITIAN ADALAH
HASIL KARYA SENDIRI
Yang bertanda tangan di bawah ini saya
Nama :
Hamdani, S.Pd
Jenis Kelamin : Laki-laki
NIP : 197905102006041004
Jabatan : Guru Bahasa Indonesia
Pangkat/Golongan :
Penata Tk 1/ III d
Tempat Tugas : MAN Lhokseumawe
Alamat : Desa Sumbok Rayeuk, Kec. Nibong, Kab.
Aceh Utara
Email : tengkuhamdani@yahoo.com
Menyatakan bahwa Laporan Hasil Penelitian dengan judul:
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Prosedur Kompleks di MAN Lhokseumawe Pada Siswa Kelas X MIA4 Semester 1 Tahun Ajaran 2017-2018.
Adalah benar-benar asli karya sendiri.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya
dan apabila ternyata pernyataan saya ini tidak benar, maka saya bersedia untuk
diproses dan menerima sanksi sesuai dengan hukum atau peraturan dan perundang-undangan
yang berlaku.
Lhokseumawe, 17 Desember 2017
Peneliti
Hamdani, S.Pd
NIP. 197905102006041004
0 Response to "Contoh Berita Acara Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"
Posting Komentar